Share this:

[AKTUARIA] Actuarial Fair merupakan kegiatan festival aktuaria pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Aktuaria (Himaktu), FMIPA, Universitas Padjadjaran, dan telah dilaksanakan sejak tahun 2020. Sehingga, tahun ini merupakan ketiga kalinya Himaktu menyelenggarakan kegiatan Actuarial Fair.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan program studi Ilmu Aktuaria secara umum dan program Studi Ilmu Aktuaria Unpad yang tergolong ke dalam jurusan baru dan masih awam di Indonesia. Khususnya, bagi siswa-siswi SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Actuarial fair terdiri dari beberapa kegiatan, seperti Roadshow 1, Roadshow 2, Talkshow, Try Out Ujian PAI, dan Seat In. Roadshow 1 sendiri merupakan rangkaian pertama dari Actuarial Fair 2022, yang mengangkat topik tentang “Ilmu Aktuaria Ilmu yang Bisa Meramal Masa Depan?”. Acara ini diselenggarakan secara online melalui platform Zoom Meetings dan disiarkan secara Live di Youtube channel milik Actuarial Fair, Sabtu 09/04/2022.

Roadshow 1 ini diisi oleh Gabriella Angelica dan Basmallah Adam yang merupakan mahasiswa Aktuaria angkatan 2019. Gabriella menjelaskantentang Aktuaria secara umum seperti apa itu jurusan Aktuaria, prospek kerja, cara menjadi Aktuaris, serta mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan Aktuaria.

Sedangkan Basmallah Adam menjelaskan secara khusus mengenai Aktuaria Unpad  seperti, profil prodi S1 Aktuaria Unpad, keunggulan dari prodi Aktuaria Unpad, salah satu keunggulannya adalah di Aktuaria Unpad itu ada 5 penyetaraan ujian PAI yang bisa di convert dari nilai mata kuliah, sehingga mahasiswa Aktuaria Unpad punya kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi dari PAI tanpa mengikuti ujian PAI untuk mata kuliah penyetaraan.

Pada Roadshow I Actuarial Fair kali ini dihadiri oleh 70 peserta yang merupakan siswa SMA dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Bandung, Jakarta, Bali, Makassar, dan wilayah lainnya di Indonesia.

Roadshow I Actuarial Fair ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan lebih tentang prodi Ilmu Aktuaria kepada masyarakat khususnya siswa-siswa SMA, sehingga lebih dikenal serta peminatnya semakin banyak.

Roadshow I Actuarial Fair 2022